Peraturan Bupati ini Berisi ‘Penertiban Orgen Tunggal’

orgen musik

Sumatera Barat~ Ada aturan menarik yang dibuat Pemerintah Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). Aturan dimaksud ialah perbup tentang penertiban hiburan organ tunggal. Kontan, penertiban tersebut menimbulkan pro dan kontra. Mereka yang tidak sepakat, menuduh bupati melakukan pengebirian usaha orgen tunggal. Bagaimana jawaban sang bupati?

“Pemerintah tidak ada berniat seperti itu, jadi perlu dipertegas kembali bahwa kami hanya melarang apa yang seharusnya tidak boleh dilakukan masyarakat seperti mempertontonkan tindakan vulgar kepada masyarakat umum,” sebut Ali Mukhni di Padang Pariaman  (19/4).

Ali mengatakan, batas waktu penyelenggaran orgen tunggal sudah sangat jelas diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 13 Tahun 2016 tentang penertiban hiburan orgen tunggal.

“Kami semua termasuk berbagai unsur pimpinan daerah lainya telah sepakat untuk melarang keras tindakan pornoaksi dan tindakan melawan nilai norma di Padang Pariaman akibat maraknya hiburan orgen tunggal yang mencerminkan degradasi moral,” tambahnya.

Bupati Ali juga mengaku pihaknya khawatir dengan tidak terkontrolnya orgen tunggal secara sistematis yang mungkin mengarah pada kesempatan perkembangan bisnis jual beli narkotika.

“Banyak hal buruk yang dapat ditimbulkan dari maraknya orgen tunggal yang tidak mematuhi nilai dan norma sosial tersebut seperti dikhawatirkan peredaran narkoba juga terjadi,” ucap Ali.

Tags:
author

Author: