Perhatian! Ini Aturan Baru di Bandara Seluruh Indonesia

ilustrasi: pesawat Trans Asia yang baru saja lepas landas

ilustrasi

Jakarta – Direktur Keamanan Bandara Kemenhub M Nasir Usman, Jumat (30/10/2015) mengatakan, Peraturan Keamanan Penerbangan yang diterbitkan oleh Menteri perhubungan hanya berlaku bagi kegiatan penerbangan sipil dan misi sipil. Jadi, untuk bandara militer kegiatan penerbangan militer aturan tersebut tidak berlaku.

Dilansir dari Detik.com, Menteri Perhubungan menerbitkan Peraturan Keamanan Penerbangan yang diberlakukan di seluruh bandara di Indonesia. Diantara aturan tersebut yaitu tidak diperbolehkan lagi pejabat yang dijemput atau diantarkan sampai tangga pesawat. Tak hanya itu saja, di bandara sipil semua wajib diperiksa termasuk pejabat. Ini untuk keamanan penerbangan dan sesuai standar internasional.

Meski demikian, Nasir juga menjelaskan bahwa aturan itu tidak berlaku bagi orang khusus, seperti Presiden, wakil presiden, kepala negara lain dan Panglima ABR bebas dari pemeriksaan. Selain itu, jika menggunakan bandara dan terminal sipil, bercampur dengan penumpang umum lainnya maka wajib diperiksa. Hal ini sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“TNI, Polri, atau instansi pemerintah berpakaian dinas tidak perlu melepaskan atributnya, namun pistol dan peluru serta alat-alat senjata lainnya wajib diserahkan ke Airlines/ pilot, ada tempat tersendiri,” tutup Nasir seperti diwartakan detik.com.

Tags:
author

Author: