Perlu untuk Tahu, 6 Fakta Unik Tentang Bumi

bd

Pewartaekbis- Bumi merupakan salah satu planet dari tatasurya yang dihuni makhluk hidup. Hal ini dikerenakan Bumi memiliki berbagai unsur hara kehidupan. Dengan usia jutaan tahun, Bumi sudah melewati berbagai masa kehidupan.  Di bawah ini ada beberapa fakta unik tentang Bumi berdasarkan informasi beberapa sumber:

Pertama, ternyata Bumi tidak bulat sempurna. Sejauh ini yang kita pelajari bahwa bumi itu bulat. Faktanya, Bumi memiliki tonjolan di sekitar ekuator karena gaya gravitasi. Polar radius Bumi adalah 3.949,99 mil sedangkan radius ekuator adalah 3.963,34 mil.

Kedua, asal nama Bumi dari Anglo-Saxons. Bumi (Earth) berasal dari kata Anglo-Saxon yakni kata Erda yang berarti tanah. Faktanya, 71% dari Bumi adalah air, dan Bumi menjadi satu-satunya planet di seluruh alam semesta ini yang memiliki cairan berharga tersebut.

Ketiga, sehari bukanlah 24 jam. Sejauh ini yang kita ketahui bahwa Bumi berputar sehari-semalam adalah 24 jam. Faktanya, Bumi berputar pada porosnya dalam waktu 23 jam, 56 menit, 4 detik. Hal ini dikarenakan, hari matahari atau waktu yang diperlukan oleh matahari untuk kembali ke posisi meridian bervariasi sebanyak 16 menit sepanjang tahun.

Keempat, 90% Samudera Belum Ter-Eksplorasi. Selama ini orang-orang seringkali ingin mengeksplorasi bulan dan Mars. Faktanya, masih kurang dari 10% bagian samudera luas di Bumi yang sudah dieksplorasi. Samudera mengandung 97% air dan 99% kehidupan. Jika sudah ada 212.906 spesies makhluk laut sudah diketahui, maka ada 25 juta lebih spesies YANG BELUM DIKETAHUI.

Kelima, Suhu terdingin -128.6 F. Anomali cuaca di Bumi memang seringkali terjadi. Sejauh ini kita berfikir suhu terdingin terjadi di Antartika (Kutub Selatan) dengan suhu -100 derajat F. Faktanya, titik terdingin justru terjadi saat musim dingin di Vostok Station, Antartika pada 1983 dengan mencapai -128,6 derajat F. Sementara suhu terpanas terjadi pada 13 September 1922 di El Azizia, Libya dengan 136 derajat Fahrenheit.

Keenam, titik tertinggi bukanlah Everest. Gunung Everest merupakan salah satu titik tertinggi yang paling terkenal di dunia dengan ketinggian mencapai 8.849 mdpl (sekitar hampir 3 gunung Semeru disusun ke atas). Faktanya, bahwa Bumi tidak bulat sempurna, maka Khatulistiwa memiliki jarak lebih dekat ke bintang. Itu berarti gunung Chimborazo di Ekuador dengan tinggi sekitar 6.267 mdpl bisa dianggap titik tertinggi. Karena, Chimborazo terletak di garis ekuator dengan ‘benjolan’ yang lebih tinggi daripada pusat bumi sehingga ketinggiannya 1,5 mil lebih daripada Everest.

Tags:
author

Author: