Perluasan Tempat Tawaf di Masjidil Haram Selesai?

ibadah haji

Pelaksanaan ibadah haji di tanah sci Mekkah (foto: Reuters)

Mekkah~ Sejak beberapa waktu terakhir,  tempat tawaf (mataf) di Masjidil Haram diperluas sehingga bisa menampung jamaah lebih banyak. Prosesnya bahkan diwartakan sudah memasuki tahap final setelah dilakukan pembongkaran jembatan melingkar yang ada di mataf.

“Jembatan sementara akan dibongkar sampai 20 Shaban demi mengejar batas waktu pekerjaan Mataf, yaitu pada bulan Ramadhan. Pekerjaan akan dilakukan sepanjang hari,” terang Kepala Komite Teknis Mataf di Umm Al Qura UNiversity, Faisal Wafa seperti diwartakan laman resmi kemenag.go.id (15/4).

Ia juga menegaskan jika prosesi pembongkaran tetap memastikan keamanan di Masjidil Haram, baik keamanan pekerja maupun  jamaah yang sedang berumrah. Bahkan, Faisal menyebutkan jika koordinasi terus dilakukan antara pihak keamanan masjid, pertahanan sipil, Komite Teknis Umm Al Qura dan kontraktor.

“Koordinasi dilakukan demi memastikan keamanan secara menyeluruh,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus  Dua Masjid Suci  Syekh  Abdul Rahman Al Sudais menerangkan jika jembatan tersebut sudah tidak diperlukan karenakan proyek perluasan Mataf telah selesai.  Khusus untuk jamaah lansia, penyandang disabilitas, dan jamaah yang mengandalkan kursi roda, As-Sudais mengimbau untuk menggunakan jalur alternatif yang sudah disiapkan.

“Mereka dapat mengikuti pedoman dan petunjuk yang berlaku,” tandasnya

Tags:
author

Author: