Pernyataan Fenomenal Wapres Jusuf Kalla

jk

Pewartaekbis~ Selama ini Indonesia sering disalahkan Malaysia dan Singapura karena beberapa kali ‘mengirimkan’ kabut asap ke negara tetangga tersebut. Menganggapai hal itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan bahwa Indonesia memang sering diprotes karena masalah kabut asap akibat kebakaran hutan di sejumlah wilayah. Seperti dilansir Beritasatu.com, Jusuf Kalla menyinggung jika selama ini tidak ada ucapan terima kasih atas udara bersih yang diberikan kepada Indonesia atas udara yang bersih.

“11 bulan dapat udara bagus dari Indonesia, dia (Malaysia, Singapura- red) tidak pernah terima kasih. Satu bulan kena asap dia marah-marah,” demikian papar ungkap wapres ketika  memberikan arahan dalam deklarasi Program Nasional Pembaruan Hukum Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup di Istana Wapres (3/3).

Sebagaimana marak diberitakan, pembukaan lahan hutan secara ilegal dengan membakar hutan merupakan masalah yang terus berulang, terutama pada musim kemarau antara Juni dan September. Hasilnya, asap dari pembakaran hutan tersebut seolah “diekspor” ke beberapa negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

Saat hadir  seminar di Tokyo tujuh tahun lalu, pernyataan yang cukup fenomenal juga diucapkan wapres. Dalam kesempatan tersebut, ia menyatakan  kepada seorang peserta seminar  jika yang merusak hutan Indonesia adalah masuknya teknologi dari negara asing

“Seorang bertanya, Indonesia harus memperbaiki tropical forest-nya karena dapat memperbanyak emisi. Saya bilang apa yang anda bilang? Siapa yang merusak hutan Indonesia? Anda lah yang merusak hutan kami. Tahun 1960-an, kita belum tahu tentang buldoser, anda mendatangkan buldoser. Bayar sedikit 5 juta per kubik untuk babat hutan kami, rusaklah hutan. Itu jadi kursi-kursi, jendela-jendela di negeri ini, saya bilang,” ungkap wapres Jusuf Kalla.
.

Tags:
author

Author: