Pernyataan Otoritas Saudi Terkait Insiden Mina

ibadah haji

Pelaksanaan ibadah haji di tanah suci Mekkah (foto: Reuters)

Pewartaekbis~ Atas insiden memilukan yang terjadi di Mina, Penguasa Arab Saudi Raja Salman menyatakan bela sungkawanya secara mendalam. Ia juga menyatakan akan peninjauan kembali atau review dalam pelaksanaan ibadah haji.

Sebagaimana diwartakan kantor berita al Arabiya, Raja Salman menyatakan keinginannaya untuk review dalam perencanaan rangkaian ibadah haji. Dengan tegas, ia juga menyatakan diperlukan investigasi serius tentang musibah kedua dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Sebagaimana diketahui, sebelumnya salah satu crane Masjidil Haram jatuh dan menjadi penyebab atas kematian dan korban luka ratusan jamaah dari berbagai Negara.

Adapun Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri, Mayor Jendral Mansour al Turki, menyatakan musibah itu disebabkan karena adanya jemaah haji dalam melimpah yang mendatangi lokasi kejadian. Dikatakannya, jumlah tersebut melebihi tahun sebelumnya.

Turki menjelaskan jika investigasi difokuskan pada pencarian penyebab pertemuan jemaah haji dalam jumlah banyak itu. Selain itu, akan dicari alasanlalu mengapa mereka berhenti hingga akhirnya terjadi aksi dorong-dorongan yang menyebabkan lebih dari 700 jemaah tewas terinjak-injak.

“Alasan (jemaah haji berhenti) itu kami belum tahu,” sebutnya dalam konferensi pers di Mina seperti diwartakan Kompas.

Tags:
author

Author: