Pernyataan Rektor UII Pasca 3 Mahasiswa Tewas Saat Ikuti Diklat Mapala

uii

Yogyakarta – Universitas Islam Indonesia (UII) tengah menjadi sorotan. Penyebabnya, tiga mahasiswa dinyatakan meninggal dunia ketika mengikuti Diklat Dasar (Diksar) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) di Gunung Lawu.

Rektor UII,  Harsoyo, menegaskan jika pihaknya akanmembuat keputusan tegas terhadap mahasiswanya yang menjadi pelaku kekerasan saat peristiwa berujung maut tersebut.

“Apabila terbukti, maka pihak yang melakukan kekerasan akan ditindak tegas sesuai dengan aturan kedisiplinan mahasiswa yang berlaku di UII. Jika pelanggarannya berat, kita keluarkan dari UII,” sebutnya di depan ruang jenazah RS Bethesda, Jl Jenderal Sudirman, Yogyakarta (24/1).

Tim investigasi internal juga diungkapkannya masih terus bekerja. Setelah penyelidikan selesai, Harsoyo berjanji akan mengungkapaknnya kepada publik. Untuk sementara,  terdapat dugaan kekerasan yang dilakukan oleh oknum tertentu selama pelaksanaan kegiatan.

Seperti diwartakan detik.com, peserta diklat yang tengah menjadi sorotan ini diikuti oleh 37 peserta. Kegiatan dilakukan di lereng selatan Gunung Lawu di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pada 13-20 Januari 2017.

Tags:
author

Author: