Pertamina Berencana Turunkan Harga BBM

solar dan

Jakarta – Dalam rangka menyesuaikan rata-rata harga minyak mentah dunia yang mengalami tren menurun sejak dua bulan belakangan ini, Pertamina berencana menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk jenis premium dan solar pada April 2016.

Dilansir dari Viva.co.id, Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang di SPBU Coco Abdul Muiz Jakarta, Rabu 17 Februari 2016, memastikan penurunan harga BBM public service obligation (PSO), atau sebagai kewajiban pelayanan publik.

“Penyesuaian harga dihitung dari rata-rata harga minyak mentah selama tiga bulan itu dihitung turun, itu untuk tiga bulan ke depan, kita lihat ini kemungkinan turun,” kata Bambang.

Bambang menyampaikan, perhitungan harga rata-rata itu dilakukan mulai dari tanggal 25 Desember 2015 hingga 24 Maret 2016.

“Potensi untuk penurunan harga premium dan solar ini bisa berubah naik, jika harga minyak kembali naik drastis, menyusul pertemuan antara Pemerintah Arab Saudi dan Rusia, terkait penetapan batas atas produksi minyak”, jelas Bambang.

Selain itu, Bambang juga mengungkapkan, di tengah anjloknya harga minyak dunia, Pertamina masih tetap bisa mempertahankan keuntungan perusahaan.

Ia mengatakan, keuntungan di tahun 2015 diperoleh dari keuntungan solar dan premium di bulan Oktober, November dan Desember.

“Sebetulnya untuk PSO, pertamina punya margin 1,4 persen, ada untung, tidak rugi,” kata Bambang.

Tags:
author

Author: