Perusahaan Asal Slovakia Akan Produksi Mobil terbang

sumber: Forbes

sumber: Forbes

Pewartaekbis~ Siapa bilang mobil terbang Cuma ada di film? Baru-baru ini perusahaan asal Slovakia, AeroMobil, merancang prototipe unit mobil terbang. Meski disebut mobil, bentuknya lebih layak disebut sebagai pesawat jet berukuran kecil.

Betapa tidak, bagian depan mobil buatan AeroMobil  ini meruncing seperti pesawat F16. Namun, mobil ini memiliki dua roda depan seperti mobil sport biasa. Senada dengan bagian depan, bagian belakang mobil juga mirip pesawat terbang. Namun, memiliki dua ban berukuran lebih kecil.

Seperti diwartakan Kompas, AeroMobil sukses menggelar pengujian di selatan Austin, Texas, Amerika Serikat. Berdasarkan video yang dipublikasikannya, mobil terbang ini bisa digunakan di jalan raya biasa. Untuk bisa terbang, mobil tersebut memanfaatkan landasan pacu pesawat.

Berdasarkan pernyataan Juraj Vaculik dalam video, mobil terbang ini akan diproduksi massal dan siap masuk ke pasar dunia dalam waktu dekat.

“Kami sedang bekerja cepat, membangun tim untuk merencanakan semuanya. Setidaknya 2017 sudah bisa terealisasikan sebagai mobil pertama yang bisa terbang. Poinnya bukan hanya mengawinkan mobil dan pesawat, tapi bisa menjadi jawaban atas tantangan kebutuhan kendaraan maas depan,” papar  sosok yang menjabat sebagai CEO AutoMobil, seperti dilansir Forbes.

Menurut Vaculik, mobil terbang yang dirancangnya ini diharapkan dapat bersaing dengan genre mobil mewah.  Betapa tidak, pada video komersial terlihat jika mobil ini punya dua kursi, dan berdaya jelajah sampai 700 kilometer. Saat lepas landas kecepatannya mencapai 130 kpj. Sementara itu, kecepatan maksimal di udara 200 kpj dengan fungsi autopilot. Ada yang tertarik?

Tags:
author

Author: