Perusahaan ini Memanfaatkan Air Limbah Sebagai Air Bersih

air

Jakarta- Dalam laporan United States Agency for International Development (USAID) pada tahun 2007 menyebut, hampir 100 persen sumber air minum di beberapa kota di Indonesia tercemar oleh E. Coli dan Coliform.

Pencemaran air, khususnya sungai yang terjadi di kota besar ini disebabkan limbah dari industri dan rumah tangga. Masalah ini pun menjadi masalah panjang yang kunjung usai. Bahkan, masalah ini berujung dengan permasalahan yang lebih besar lagi yakni, krisis air bersih.

Dilansir dari Inilah.com, Direktur PT Energy Management Indonesia (EMI) Aris Yunanto mengungkapkan, pemanfaatan air limbah menjadi sumber air bersih adalah salah satu langkah untuk mengatasi krisis air bersih yang dihadapi masyarakat saat ini.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang konservasi dan konversi energi dan air, EMI berupaya menghindari penggunaan air tanah. Hal ini dengan alasan untuk menjaga keseimbangan air darat dengan air laut, maka EMI tidak menggunakan air tanah.

Dengan menggunakan air permukaan seperti air sungai, air selokan, air limbah, bahkan air laut, Emi mengolah air tersebut menjadi air bersih atau air minum yang memenuhi standar kesehatan nasional dan WHO.

Tags:
author

Author: