Petugas Laboratorium Inggris Dirawat Setelah Terima Paket Virus Dari AS

virus

Inggris – Korea Selatan, Australia, Kanada, dan laboratorium 19 negara bagian AS dan Distrik Columbia telah menerima virus antharax secara tidak sengaja. Virus antharax tersebut dikirim dalam bentuk paket. Militer AS telah memerintahkan kepada semua laboratorium untuk menguji sampel tersebut. Setelah diuji, mereka meminta agar laboratorium tersebut tak menggunakan virus tersebut sebagai bahan penelitian.

Dilansir dari VIVA.co.id, sebuah laboratorium di Inggris kemungkinan telah menerima sebuah sampel dari virus anthrax hidup dari markas Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Pentagon baru-baru ini. Virus yang dikirim ke Inggris berasal dari Pentagon tahun 2007 lalu. Sejauh ini, Pentagon telah memastikan tidak ada risiko yang ditimbulkan akibat peristiwa itu kepada publik.
Dengan ditemukannya virus anthrax di Inggris ini merupakan laboratorium ke 68 di empat negara yang tak sengaja dikirimi virus tersebut.

Kolonel Steve Warren, yang merupakan pejabat berwenag di AS mengatakan, laboratorium yang tak disebut namanya itu dikelola oleh personel Inggris, dan bukan militer Negeri Paman Sam.

Menurut Warren, virus antharax yang dikirim ke Inggris adalah sampel dari gelombang yang lebih besar yaitu lot 5, dan di dalam sampel tersebut juga ditemukan beberapa bakteri. Warren mengatakan, meskipun belum ada yang tampak sakit, namun untuk mewaspadai penularan virus antharax ini beberapa anggota staf di beberapa laboratorium telah dirawat.

Tags:
author

Author: