PHK Massal Karena Pabrik Mulai Menggunakan Tenaga Robot?

buruh

Pewartaekbis~ Kabar terkait pemutusan hubungan kerja (PHK) secara massal sudah sampai di telinga anggota dewan. Oleh sebab itu, hari ini (4/3)  Komisi IX DPR yang membidangi masalah ketenagakerjaan berencana melakukan kunjungan spesifik ke salah satu kawasan industri di Cikupa, Tanggerang, Banten.

 “Besok (hari ini, red) Komisi IX akan melakukan kunjungan spesifik ke Cikupa dan ke pabrik-pabrik yang berusaha melakukan pemecatan akibat ingin menutup tempat produksinya,” sebut anggota Komisi IX DPR Roberth Rouw‎ di Jakarta (3/2). ‎

Kunjungan kerja tersebut diperlukan untuk mengetahui masalah yang dialami perusahaan sehingga terpaksa memecat para karyawannya. Diharapkan, ada solusi untuk mencegah pemecatan masal setelah kunjungan berlangsung.

‎”Nah itu yang akan kita cegah dan mencari solusinya agar mereka para pekerja bisa mendapatkan pekerjaannya dengan layak. Pengusaha juga mendapatkan keamanan dan kepastian bagi nvestasinya di Indonesia,” sambung politisi asal Gerindra ini..

Jika isu PHK massal benar, ia mempertanyakan kabar meroketnya ekonomi Indonesia.

“Katanya ekonomi kita meroket tapi PHK di mana-mana sekarang. Jadi yang meroket itu adalah PHK-nya, bukan ekonomi nasionalnya,‎‎” sindirnya.

Roberth juga menerima laporan jika PHK dilakukan karena ada pabrik yang mengganti tenaga kerja manusia dengan robot.

“Yang terjadi nanti tenaga kerja asing itu robot semua, banyak pengangguran nantinya,” pungkasnya seperti diwartakan Jawa Pos.

Tags:
author

Author: