“Pidato” Panglima TNI di Depan Iwan Fals

kostrad tni

Serang~ Iwan Fals kemarin manggung di Markas Grup 1 Komando Pasukan Khusus, Serang, Banten(30/10). Sebelum musisi legendaris ini melantunkan lagu-lagunya,  Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo  menyatakan komitmen TNI untuk menjadi perekat kemajemukan bangsa sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

“Presiden Joko Widodo memerintahkan TNI harus menjadi garda terdepan dalam mengelola dan menjaga Bhinneka Tunggal Ika. TNI tidak akan menoleransi gerakan-gerakan yang ingin memecah belah bangsa,” sebutnya di hadapan penonton konser Iwan Fals.

Sang panglima juga mengemukakan jika presiden sudah memerintahkan TNI agar menempatkan diri sebagai perekat kemajemukan.

“Untuk itu, sebagai alat negara, TNI tidak akan menoleransi gerakan yang mengadu domba bangsa dengan provokasi dan politisasi SARA,” imbuhnya.

Kepada prajurit TNI yang hadir dalam konser Iwan Fals, Jenderal Gatot juga mengingatkan agar dalam tugas menjaga keselamatan bangsa, prajurit TNI tidak ragu bertindak.

“Perintah Presiden, TNI jaga terus kebinekaan kita karena hanya dengan itu, Indonesia bisa jadi bangsa majemuk yang kuat dan solid,” tandasnya.

Ditemui terpisah, Kepala Kepolisian Negara RI Jenderal (Pol) Tito Karnavian menyatakan dukungan kepolisian membuat rencana pengamanan agar masyarakat terlindungi.

“Yang utama, kami didukung TNI untuk membuat rencana pengamanan agar masyarakat lebih terlindungi, lalu kami juga kerahkan anggota Brimob dari sejumlah wilayah. Intinya, kami berkomunikasi dengan baik untuk melindungi Jakarta,” jelas Tito seperti diwartakan Kompas.

Tags:
author

Author: