Pilar Pendukung Kesuksesan Purna Jual Mercedes-Benz

mb

Tangerang- Pabrik Mercedes-Benz Wanaherang, Bogor berdiri pada tahun 1978. Bersamaan dengan pendirian pabrik ditahun yang sama, lahan seluas 6,4 hektar di Ciputat diresmikan menjadi fasilitas Aftersales Office & Training Center.

Dilansir dari Kompas.com, fasilitas itu punya tiga pilar purna jual, yakni departemen pusat pelatihan. Departemen pusat pelatihan yang ada di Indonesia telah ditunjuk sebagai rujukan spesialis truk, bus, dan van. Jadi, para mekanik asing wajib datang ke Indonesia bila ingin menimba ilmu soal kendaraan niaga. Selain itu, MBDI juga merupakan perusahaan otomotif pertama di Indonesia yang menggelar program Automotve Mechatronic untuk mencetak mekanik andal.

Pilar yang kedua, menurut Eko Setiyodiwarno, Deputy Director Aftersales Training Department MBDI mengatakan,untuk erwatan tiap mobil Mercedes-Benz memiliki sistem operasional yang rumit, karenanya dibutuhkan teknisi berkualitas.

Pilar yang ketiga yakni sebagai departeman logistik. Dalam hal ini, fasilitas di Ciputat berperan sebagai gudang penyimpanan suku cadang. Ketiga pilar tersebut memberikan fasilitas kelas bisnis yang mempertimbangkan kenyamanan konsumen.

Menurut Heinrich Schromm, Director Aftersales Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), keberadaan fasilitas Aftersales Office & Training Center berdiri dengan menjaga ketiga pilar tersebut. Hal ini dikarenakan usia pakai komponen mobil terbatas.Sehingga, purna jual merupakan salah satu divisi penting buat pengembangan bisnis penjualan mobil di Indonesia.

Tags:
author

Author: