Pilkada KOta Samarinda Akhinya Hanya Diikuti 1 Pasangan “Saja”

kpu

Samarinda~ Pilkada serentak Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), dipastikan hanya diikuti oleh satu pasang calon. Pasalnya, hingga masa perpanjangan hanya satu pasangan calonincumbent yang mendaftar di KPU Kota Samarinda.

Sebelumnya, sudah ada dua pasang calon yang hendak mendaftar. Namun, tiba-tiba membatalkan diri. Merekaadalah, adalah Gaffar Abdul Jaffar dan Dayang Dona Faroek yang diusung oleh Partai Golkar, PAN, Hanura, dan Gerindra. Pasangan lainnya adalah Zuhdi Yahya dan Barkati yang didukung oleh PDIP dan PPP. Sayang, kedatangan dua pasangan calon ini ternyata dibatalkan karena tidak dihadiri oleh seluruh parpol pendukung.

Uniknya, ada satu pasangan calon hanya dihadiri oleh calon wakil wali kota. Adapun pasangannya tiba-tiba membatalkan masuk ke kantor KPUD Kota Samarinda dan memilih pergi.

Disebutkan oleh Ketua DPD Partai Golkar Samarinda versi Agung Laksono, Achmad Munir, seharusnya pasangan calon yang mendaftar dan bukan partai yang mendaftarkannya.

“Pasangan calon yang mendaftar harusnya, bukan partai yang mendaftar. Semua berpikirlah, pasangan calon tidak mendaftar kok partai yang mendaftar,” sebutnya seperti diwartakan Kompas.

Sementara itu, Komisioner KPUD Kota Samarinda, Tri Wahyuni menyebutkan jika KPUD sebelumnya sudah meminta kedua calon pendaftar tadi untuk menyerahkan berkas. Akan tetapi, seperti terjadi tarik ulur dan akhirnya  kedua pasangan tersebut malah meninggalkan KPUD.

“Kami meminta berkas dari kedua belah pihak untuk selanjutnya kami ingin lakukan verifikasi. Tapi keduanya tidak mau. Kubunya Gaffar-Donna itu malah tidak bersedia memberikan berkasnya. Sebaliknya kubu PPP kebetulan menghilang dalam arti tiba-tiba pergi saja begitu tidak ada konfirmasi,” terangnya seperti diwartakan Kompas.

Tags:
author

Author: