Pilot-pilot Lufthansa Mogok, 3800 Penerbangan Cancel

pilot lufthansa mogok

sumber: BBC

Frankfurt – Lufthansa memprediksi ada 3800 penerbangan terpaksa dibatalkan akibat mogok kerja yang dilakukan oleh serikat kerja pilot yang menyebut dirinya Cockpit. Sebanyak 425 ribu penumpang diperkirakan pula akan terlantar.

Serikat pilot itu awalnya berencana mogok pekan lalu, hanya satu hari setelah Lufthansa terpaksa membatalkan 600 penerbangan gara-gara aksi mogok pekerja lapangan, pengurus bagasi, bagian perawatan pesawat di bandara utama Jerman.

Aksi mogok ini diperkirakan berlangsung mulai Rabu 2 April sampai Jumat 4 April 2014. Meski demikian, sebanyak 500 penerbangan jarak dekat dan jauh masih akan dilayani oleh Lufthansa dan Germanwings.

“Akibat dari mogoknya serikat pilot, sekitar 3.800 penerbangan terpaksa dibatalkan mulai Rabu, Kamis, dan Jumat,” kata Lufthansa dalam keterangan tertulis yang dikutip BBC, Selasa (1/4/2014).

Perusahaan asal Jerman itu berencana menyebar kabar tersebut kepada seluruh calon penumpangnya melalui SMS dan email.

Jalur penerbangan yang ditutup akan diambil alih sementara oleh kelompok usaha Lufthansa, yaitu Eurowings, Lufthansa CityLine dan Air Dolomiti. Para pilot di maskapai itu tidak ikut aksi mogok sehingga penerbangan dalam Jerman dan Eropa tetap bisa dilakukan.

Jadwal penerbangan tidak hanya mengganggu pesawat komersial, layanan kargo Lufthansa Cargo juga akan mengalami gangguan, yaitu batal 23 dari total 31 penerbangan dari Frankfurt.

Akibat aksi mogok ini, Lufthansa memperkirakan hilangnya pemasukan hingga 10 juta euro (Rp 130 miliar) dalam tiga hari ke depan.

Tags:
author

Author: