PNPM Dihapuskan, Ini Alasanya Menurut Mendes

marwan

Jakarta: Dengan hadirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Kemendesa PDTT bermaksud untuk membawa program PNPM tersebut ke dalam status hukum yang jelas. Namun, secara de facto keberadaan PNPM sudah berkahir.

Dilansir dari Metrotvnews.com, dalam rangka mencetuskan solusi terkait pengelolaan dan pengembangan dana bergulir eks PNPM-MPd (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Jakarta, Jumat 26 Februari 2016.

Mendes mengatakan, kegiatan ini berlangsung untuk mencari solusi pasti tentanng PNPM. Menurut Mendes, dana bergulir di PNPM ini bisa berguna untuk masyarakat, namun disatu sisi PNPM ini tuannya belum jelas.

Melalui forum ini, Marwan berharap ada rekomendasi berbagai macam model pengelolaan dan pengembangan dana bergulir eks PNPM-MPd, sesuai nomenklatur Undang-Undang Desa. Selanjutnya, juga disesuaikan dengan program-program utama Kemendesa PDTT.

Tags:
author

Author: