Pokemon Go Sukses, Saham Nintendo Menguat

pokemon

Jakarta~ Game Pokemon Go terus menjadi buah bibir. Sebuah game menarik yang bisa langsung diunduh secara gratis dari dunia maya. Namun, tahukah Anda jika ada yang diuntungkan dengan laris manisnya game ini? Ya, salah satu yang paling diuntungkan adalah Nintendo.

Seperti diwartakan CNN, saham Nitendo bahkan lansung naik 24 persen beberapa hari setelah Pokemon Go dirilis.

“Pokemon Go membawa dampak positif bagi Nintendo. Sahamnya meroket setelah game itu diluncurkan. Jika semakin banyak game berbasis perangkat mobile dari Nintendo, kami berharap bisa melihat bisnis ini semakin menguat. Ini adalah bukti bahwa peran utama dari aplikasi adalah berada di industri game,” terang Nicolas Beraudo, seorang analis dari lembaga riset App Annie.

Namun, ternyata Nintendo termasuk yang paling kecil mendapat keuntungan finansial dari game ini. Hal itu dikemukakan oleh seorang analis dari Macquarie Research, David Gibson

“Belum jelas kepentingan ekonomi seperti apa yang diterapkan di game ini, namun menurut kami 30 persen hasil pendapatan akan dikantongi Niantic, 30 persen Apple, 30 persen Pokemon Company, dan 10 persen Nintendo,” sebut seorang analis dari Macquarie Research, David Gibson.

Untuk diketahui, game yang memanfaatkan teknologi GPS ini dirilis Pokemon Company pada awal Juli 2016. Game ini adalah hasil kembangan perusahaan peranti lunak Niantic Inc. yang dahulu merupakan startup di dalam perusahaan Google. Namun, perusahaan sudah beroperasi secara mandiri sejak Google mengubah struktur organisasi.

 

author

Author: