Polri Sukses Ungkap Sindikat Perdagangan Manusia

polisi

Jakarta~ Satu lagi prestasi diukir oleh Polri dibawah kepeimpinan Jenderal Pol Tito Karnavian. Prestasi dimaksud adalah suksesnya polisi menguak sindikat perdagangan orang dari Nusa Tenggara Timur ke luar negeri.

“Akhirnya dalam dua minggu jaringan perdagangan orang di NTT dapat diungkap oleh Bareskrim,” sebut Tito dalam jumpa pers di kantornya (18/8).

Sebelumnya, seorang TKW atas nama Yufrinda Selan tewas gantung diri di Malaysia. Atas instruksi khusus dari Presiden Jokowi, Polri pun melakukan penyelidikan untuk kasus Yufrinda. Ternyata, kasus ini berbuntut panjang karena terkaitd engan perdagangan manusia. Seperti dilaporkan Kompas, korban yang sudah diketahui sekitar 30 orang.

Berdasarkan sumber terpercaya, pihak bareskrim Polri sudah menjadikan 14 orangs ebagai etrsangka dalam kasus ini. Mereka berasal dari NTT, Riau, Semarang, Surabaya, dan Medan.

Menurut Tito, pelaku memberangkatkan korban ke luar negeri dengan paspor palsu. Selain melanggar hukum dengan perdagangan orang, tersangka juga telah melanggar administrasi administrasi.

“Jangan sampai dianggap masalah ini masalah kecil. Ini masalah mendasar bagi kita soal perdagangan WNI ke luar karena jumlahnya banyak sekali,” terang Tito.

Menurut Tito, tidak semua tenaga kerja Indonesia diperlakukan layak di luar negeri. Yufrinda merupakan contoh TKI yang apes saat berusaha mendulang rupiah di negeri lain. Bahkan, pihak keluarga mendapati Yufrinda memiliki banyak luka sayatan di tubuhnya.

Tags:
author

Author: