Polusi Udara “Juga” Menyebabkan Penuaan Dini

indramayu macet

Jakarta~ Ternyata, polusi udara mempercepat penuaan pada masyarakat kota. Hal itu diungkapkan oleh peneliti senior asal Jerman, Prof Jean Krutmann.

“Setelah kerusakan kulit akibat sinar UV yang menghantui kita selama 20-30 tahun belakangan, kini ditambah dengan polusi udara,” sebut sosok yang menjabat sebagai direktur Leibniz Research Institute for Environmental Medicine ini.

Krutmann dalam laporan penelitiannya menunjukkan jika partikulat (particulate matter/PM) mampu mempercepat munculnya keriput dan age spots, bintik atau bercak hitam/cokelat. Penelitiannya juga menunjukkan jika  nitrogen dioksida (NO2) yang juga terkandung dalam polutan udara bisa ikut mempercepat penuaan.

Berdasarkan pengamatan di beberapa negara, age spots di pipi bertambah sebanyak 25 persen akibat terpapar NO2 walaupun hanya terjadi kenaikan volume yang tidak begitu besar. Namun, ada peningkatan jumlah age spots di pipi paling banyak ditemukan pada wanita berusia di atas 50 tahun.

“Tidak hanya di China atau India, kami menemukannya juga di Paris, London atau negara dengan tingkat populasi tinggi dan partikulatnya bisa menyebar lewat angin, sehingga kita kesulitan untuk menghindarinya,” sebut Krutmann seperti dikutip dari detik.com.

Tags:
author

Author: