Ponsel iBlind, Karya Terbaru Mahasiswa UGM

ugm

Yogyakarta~ Membanggakan! Ditengah gempuran pasar bebas yang serasa menyerang Indonesia dari berbagai arah, Universitas Gadjah Mada kembali menunjukkan taringnya sebagai universitas berbasis riset.

Yupz. Dua mahasiswa dari UGM sukses mengembangkan ponsel khusus untuk penyandang tunanetra. Dengan ponsel yang diberi nama iBlind ini, penyandang tunanetra dapat melakukan komunikasi jarak jauh dengan cara yang lebih mudah.

Ponsel iBlind dibuat oleh Muhammad Hanif Sugiyanto dan Swakresna Edityomurti. Menurut keterangan Muhammad Hanif Sugiyanto, ide untuk membuat ponsel iBlind bermula dari keprihatiannya terhadap penyandang tuna netra yang kesulitan menggunakan ponsel. Ide yang sudah diperjuangkannya sejak SMA ini pun sukses menyabet medali perunggu dalam ajang International Exhibition of Young Inventors (IEYI) yang digelar di Jakarta (1/11).

 “Di lingkungan saya ada penyandang tunanetra yang sering mengeluh kesulitan menggunakan ponsel terutama untuk membaca sms yang masuk. Hal inilah yang mendorong saya untuk mengembangkan iBlind,” papar Muhammad Hanif Sugiyanto seperti diwartakan website resmi UGM.

Masih menurut Muhammad Hanif Sugiyanto, iBlind bekerja dengan mengubah teks SMS menjadi kode Braille. Pesan singkat yang masuk berupa huruf digital diubah ke dalam bentuk Braille dengan menggunakan software khusus.  Pesan yang telah diubah dalam bentuk braille tersebut kemudian dimunculkan dalam display iBlind. Tapi jangan bayangkan display ponsel ini sama dengan ponsel pada umumnya,  display iBlind berupa kotak dengan lubang-lubang yang  dapat timbul dan memunculkan karakter huruf Braille.

Meski fungsinya masih sebatas untuk menerima pesan singkat, karya mahasiswa ini sangat membanggakan. Setidaknya, mereka telah menunjukkan kebermanfaatan dari ilmua yang mereka peroleh. Bagaimana dengan Anda?

Tags:
author

Author: