Prajurit TNI ‘menyadera’ Pesawat MIlik Saudi Arabian Airlines

sukhoi

Pewartaekbis~ Hebat! Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) kembali menunjukkan taringnya. Menggunakan pesawat jet jenis sukhoi, pasukan TNI AU sukses memaksa mendarat pesawat jet jenis Gulf Stream HZ-103 milik Saudi Arabian Airlines. Peristiwa tersebut terjadi siang tadi (3/11) sekitar jam 14.47 WITA di Bandara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menggunakan jenis Sukhoi SU-27/30MKI Flankers, prajurit TNI AU memaksa pesawat jet jenis Gulf Stream HZ-103 untuk mendarat. Setelah mendarat, semua penumpang diminta turun untuk proses pemeriksaan. Penumpang yang dimaksud mencakup 7 penumpang, 2 pilot, 2 co-pilot, dan 2 pramugari.

Pesawat milik Saudi Arabian Airlines tersebut melintasi wilayah udara Indonesia di bagian selatan Kupang tanpa izin. Itulah yang menyebabkan prajurit TNI AU diperintahkan untuk mengejar dan memaksa mendarat pesawat asing tersebut.

“Pesawat ini dipaksa turun oleh dua pesawat Shukoi jenis SU30 dari Makasar yang melakukan pengejaran pesawat asal Arab Saudi itu. Tujuh orang penumpang pesawat tersebut diketahui berasal dari Pemerintah Arab Saudi,” ungkap Andi Wijaya,  Komandan operasi TNI AURI pangkalan TNI AU Eltari Kupang.

Pesawat Gulf Stream HZ-103 mau menuju ke Australia. Sebelumnya, pesawat ini berada di Singapura selama dua hari. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui misi pesawat  pergi ke Australia dan melewati kawasan Indonesia tanpa izin.

Sebelumnya, 22 Oktober 2014 TNI AU juga sukses memaksa pesawat asal Autralia mendarat di Bandara Sam Ratulangi Manado. Kasusnya sama, pesawat asal autralia tersebut melintas di wilayah Indonesia tanpa izin. Setelah melengkapi sudart- surat dan membayar denda Rp60.000.000.

Tags:
author

Author: