Presiden Jokowi Canangkan Harga BBM di Papua “Sama Dengan” Jawa

bensin

Papua – Tidak berlebihan jika hari ini, 18 Oktober 2016, menjadi moment yang spesial bagi masyarakat Papua. Tidak hanya karena dikunjungi presiden, siang tadi Presiden Joko Widodo secara resmi mencanangkan kebijakan Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga saat meresmikan Bandar Udara Nop Goliat Dekai, Yahukimo, Provinsi Papua. Dengan demikian, harga BBM di Papua akan sama dengan di Pulau Jawa.
“Harganya seperti yang sekarang, contoh Rp 6.450 per liter (untuk Premium), sedangkan sudah berpuluh-puluh tahun di Papua harganya dari Rp 50.000 per liter, ada yang Rp 60.000 per liter, sampai Rp 100.000 per liter. Bayangkan,” sebut Presiden seperti diwartakan laman resmi Setkab (18/10).

Dalam keterangan tersebut, Presiden Joko Widodo meminta kebesaran hati dan kesadaran dari masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan kebijakan tersebut.

“Di luar pom bensin harganya naik sedikit wajar karena ada yang mengambil keuntungan. Tapi kalau harganya (Premium) kemudian menjadi Rp 25.000 per liter, itu tidak wajar. Harganya ada yang Rp 40.000 itu juga tidak wajar karena belinya hanya Rp 6.450 per liter. Itu yang menjadi catatan saya,” terang Presiden.

Politikus asal Solo ini juga menerangkan jika kebijakan BBM satu harga di Papua dan Papua Barat itu adalah upaya untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Presiden berharap, kebijakan ini akan membantu menumbuhkan ekonomi dan memperbaiki kesejahteraan.

“Ini memang step by step, tahapan demi tahapan,” tandasnya seperti dikutip dari merdeka.com.

Tags:
author

Author: