Presiden Jokowi: Ternyata kita mempunyai 42 ribu aturan

jokowi

Jakarta~ Menteri Kabinet Kerja dan 500 pejabat eselon I pagi tadi diundang rapat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam rapat koordinasi di kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut, Presiden Jokowi banyak membahas aturan yang menurutnya justru menjadi beban.

“Deregulasi apa yang kita kerjakan? Saya mendapatkan jumlah regulasi aturan dari Bappenas. Ternyata kita mempunyai 42 ribu aturan, regulasi. Dan saya juga mendapat informasi ada 3 ribu lebih Perda yang ada di Kemendagri yang bermasalah,” terang Jokowi (22/3/2016).

Menurut mntan Wali Kota Solo ii, kondisi ekonomi dan politik global yang terus berubah tiap waktu menuntut Indonesia untuk terus meningkatkan daya saing. Hal itu dapat dicapai dengan menyederhanakan aturan yang ada.

“Tahun lalu, kita pontang-panting mengatasi krisis Yunani, ternyata yang keluar adalah depresiasi yuan. Depresiasi yuan diantisipasi, yang keluar adalah kenaikan suku bunga The Fed di Amerika. Dari situ apa sebetulnya yang harus kita lakukan?” tanya Jokowi kepada hadirin.

Presiden yang barus saja dikaruniai seorang cucu ini juga menggambarkan Negara Indonesia sebagai kapal besar.

“Kita adalah kapal besar negara besar kita ini. Kita terjerat pada turan-aturan yang kita buat sendiri. Pak PP-nya seperti ini, PP yang membuat kita. Pak Undang-Undangnya seperti ini, Undang-Undang yang bikin kita,” terangnya seperti diwartakan detik.com.

Tags:
author

Author: