Program 65 Bendungan Akan Dilanjutkan Tahun Ini

ben

Jakarta – Di sepanjang tahun 2014 hingga 2019 mendatang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) akan membangun 65 bendungan yang akan tersebar di beberapa penjuru negeri.

Dilansir dari Detik.com, ditahun 2017 ini Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) akan membangun 9 bendungan bendungan. Dimana sembilan bendungan ini merupakan bagian dari program 65 bendungan yang ditargetkan selesai ditahun 2019 mendatang.

Adapun kesembilan bendungan tersebut adalah Bendungan Rukoh di Aceh, Bendungan Way Apu di Maluku, Bendungan Baliem di Papua, Bendungan Lausimeme di Sumatera Utara, Bendungan Sidan di Bali, Bendungan Pamukkulu di Sulawesi Selatan, Bendungan Tigadihadjil di Sumatera Selatan, Bendungan Bener di Jawa Tengah, dan Bendungan Temef di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Meski demikin, Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Imam Santoso, Jumat (20/1/2017) mengatakan, sembilan bendungan yang merupakan ground breaking ini belum bisa dipastikan kapan masing-masing akan dimulainya konstruksi pembangunan bendungan. Hal ini dikarenakan belum adanya penandatanganan kontrak dalam waktu dekat.

“Belum ada yang kontrak dalam waktu paling dekat. Kita masih mau lelang Maret atau April. Kita lagi kaji desainnya. Sekarang komisi keamanan bendungan lagi rapat terus untuk menyetujui desainnya,” kata dia.

Tags:
author

Author: