PT Kereta Api Indonesia Pasang target Rp10 Triliun Tahun ini

kereta

Jakarta ~ Seiring dengan peningkatan kepercayaan public kepada layanan kereta api, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menargetkan pendapatan sebesar Rp 10 triliun di tahun 2016. Dari angkutan barang, KAI menargetkan pendapatan sebesar Rp 5,1 triliun. Sementara itu, Rp 4,9 triliun ditargetkan dari angkutan penumpang.

“Kita targetnya tahun ini Rp 5,1 triliun. Itu pendapatan dari kereta barang saja. Kalau sama penumpang di atas Rp 10 triliun. Barang terlalu sedikit, nanti kita usahakan agar lebih besar,” sebut Direktur Komersial dan IT KAI, Kuncoro Wibowo, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat (26/9).

Seperti diwartakan detik.com, sebagian besar barang yang diangkut dengan kereta api adalah komoditas tambang seperti batu bara. Seperti tahun-tahun sebelumnya, semen juga menjadi komoditas yang cukup banyak diangkut menggunakan jasa kereta api.

Komoditas tambang dan semen juga diakui pihak KAI menyumbang pendapatan yang cukup besar terhadap perseroan. Sayang adanya penurunan beberapa beberapa harga komoditas tambang termasuk batu bara sehingga ditakutkan akan berimbas kepada pendapatan KAI.

“Paling mayoritas itu batu bara. Kalau batu bara turun ya kita ikut turun jadinya. Kalau semen turun ya sama ikut turun. Jadi angkutannya tidak bisa lancar. Banyak hal menyangkut ini,” pungkas Kuncoro

Tags:
author

Author: