Purwakarta Punya Museum Anyar dengan Sistem Digital

batik purwakarta

Purwakarta~ Satu lagi kabar anyar dari Purwakarta. Kabupaten ini punya musem baru yang disebut Bale Panyawangan Nusantara. Museum ini terbilang unik karena berisi sejarah nusantara mulai dari zaman pra sejarah, kerajaan, penjajahan, kemerdekaan hingga situasi sejarah masa kini.

Museum yang menggunakan sistem digital ini terletak di Jalan KK Singawinata, Purwakarta. Pengunjungnya tidak dipungut biaya.

“Biasanya museum itu bentuknya begitu-begitu saja. Nah, kami hadirkan nuansa berbeda agar tidak memberi kesan membosankan kepada pengunjung, anak-anak kita bisa lebih tertarik untuk belajar sejarah,” sebut Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi seperti diwartakan purwakartakab.go.id.

Sistem digital untuk konten museum ini dipilih tentu bukan tanpa alasan. Sistem ini dipandang bisa menghilangkan kesan jenuh dan membosankan yang biasa melekat pada museum.

Dijelaskan juga jika suguhan pertama museum yang disebut oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya sebagai Little Indonesia ini adalah lambang setiap provinsi dan ragam salam sapa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Ada juga video pembentukan bumi dalam format tiga dimensi yang bisa dilihat langsung oleh pengunjung. Di bagian dalam, pengunjung akan memeroleh informasi sejarah peristiwa masa lalu di setiap selasar yang dilaluinya. Tampilan di selasar ini bisa digeser sesuai dengan alur peristiwa dalam setiap periodisasi sejarah.

“Agar feel-nya dapat, kita buat seperti ini, kita buat seolah pengunjung berada dalam peristiwa sejarah yang ia saksikan di museum ini,” katanya kemudian.

Tags:
author

Author: