‘Rahasia’ Kisah Sukses SBY Menjadi Jenderal dan Presiden

sby

Jakarta~ Kemarin (17/5) ada acara menarik di Jakarta. Acara dimaksud bertajuk Supermentor. Salah satu daya tariknya adalah kehadiran Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono yang memang didaulat untuk menyampaikan materi.

Sebelum memulai menyampaikan materi, sosok yang akrab dipanggil SBY ini menyajikan video klip lagu ciptaannya yang berjudul “Ku Yakin Sampai di Sana”. Lagu yang dinyanyikan Rio Febrian tersebut menarasikan sikap optimis yang menurut SBY sangat penting untuk dimiliki.

“Ada seribu jalan menuju Roma, banyak pilihan hidup, banyak jalan menuju sukses, jangan contoh dan ikuti prinsip jejak hidup saya jika tidak cocok dengan hati dan pikiran Anda. Jika tidak yakin dan tidak percaya ingat, ada seribu jalan menuju Roma. Jalan yang saya tempuh belum tentu cocok dengan jalan yang Anda pilih, tetapi saya hanya ingin berbagi,” sebut SBY seperti diwartakan Kompas.

Presiden ke-6 yang dimiliki negeri ini juga bercerita jika ia memang bercita-cita menjadi jenderal saat masuk ke dunia militer.

“Saya ingin jadi jenderal dulu, bintang satu pun tak masalah, itu mimpi saya,” lanjutnya.

Sebelum masuk ke dunia militer, ia sempat mencicipi pendidikan di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Tetapi ia memilih hengkang ke luar lagi dari ITS karena merasa bukan cita-citanya untuk berkuliah di salah satu universitas terbaik tersebut.

“Di samping biayanya juga mahal, hingga saya menjadi taruna akmil,” kisah SBY.

Setelah melalui berbagai lika-liku, akhirnya mimpi menjadi jenderal pun berubah menjadi nyata. Dan semua itu membutuhkan kerja keras.

“Contoh pengalaman saya di dunia militer, tidak mungkin tiba-tiba menjadi jenderal. Pasti letnal, kolonel, mayor, terlebih dahulu. Saya pernah bertempur di Timor Timur, bertempur selama lima tahun. Saya juga pernah ke Bosnia, artinya perjalanan karir saya di militer tidak mudah,” tegas SBY.

Kerja keras jugalah yang diyakini SBY menjadi poin penting dalam keberhasilannya menduduki posisi sebagai presiden ke-6.

“Saya kira tidak mudah memenangkan pemilu tapi saya yakin ada jalan, ku yakin sampai di sana,” tuturnya.

Tags:
author

Author: