“Rajin” ke Papua, Presiden Jokowi Dikritik

jokowi

Papua~ Untuk kali kesekian, Presiden Joko Widodo mengunjungi bumi Papua. Dalam kunjungannya kali ini, politikus asal Solo ini menegaskan enam proyek kelistrikan yang nilainya hampir Rp 1 triliun. Tujuannya jelas, agar di tanah Papua tak lagi mengalami kesulitan pasokan listrik.

Kunjungan Presiden Jokowi mendapat respon positif dari Gubernur Papua, Lukas Enembe. Ia memuji kedatangan Jokowi dengan menyebutnya sebagai presiden yang paling sering ke tanah Papua. Seperti diwartakan merdeka.com, Presiden Jokomi sudah empat kali menguinjungi Papua dalam karirnya menjadi presiden.

Selain pujian, kunjungan tersebut juga mendapat kritikan. Salahs atunya dari Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai. Menurutnya, kunjungan presiden tidak bermanfaat.

“Selama 2 tahun Presiden Jokowi banyak kali kunjungi kerja ke Papua. Semua kunjungan Presiden Jokowi terkesan tidak memberi manfaat dan hasilnya sampai sejauh ini belum pernah ada kebijakan yang dirasakan secara langsung oleh rakyat papua,” sebut Natalius yang juga asli putra Papua  (18/10).

Menurutnya, Presiden Jokowi justru menjadi sumber masalah di Papua karena dianggap tidak memiliki kompetensi sosial untuk membangun kepercayaan, manajemen pertahanan dan keamanan.

“Adanya fakta peristiwa di mana pelanggaran HAM terhadap kurang lebih 5.000 orang Papua yang ditangkap, dianiaya, disiksa dan dibunuh hanya dalam 2 tahun masa periode beliau, menunjukkan bukti bahwa menciptakan tanah Papua damai dengan penyelesaian pelanggaran HAM hanya menjadi pelayanan bibir atau kata-kata,” imbuhnya melalui keterangan tertulis.

Tags:
author

Author: