Ratusan Tabung Gas Akan Diselundupkan

elpiji 3kg langka

MATARAMSebanyak 400 tabung gas 3 kg tertangkap saat akan diselundupkan ke pulau Sumbawa.

Penyelundupan yang digagalkan oleh Polres Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini tertangkap saat pemeriksaan truk barang di jalan raya wilayah Narmada, Lombok Barat.

Dilansir dari Kompas.com, Kasat Reskrim Polres Mataram, AKP Haris Dinzah, Senin (8/8/2016) mengatakan, penangkapan yang berawal saat polisi menghentikan dan memeriksa sebuah truk berisi barang, dan diketahuilah truk tersebut mengangkut gas elpiji 3 kilogram yang disubsidi pemerintah yang ditutupi barang-barang lain.

Tabung-tabung yang rencananya diselundupkan melalui jalur darat ini ditutupi barang-barang lain seperti, buku, ban dan air minum kemasan lalu ditutup dengan menggunakan terpal untuk mengelabui petugas.

Haris menambahkan, saat ini barang bukti truk bersama dua orang pelaku kini diamankan polisi. Tabung gas tersebut merupakan subsidi dari pemerintah yang sifatnya belum konversi di Sumbawa. Rencananya, gas yang harganya sekitar Rp 15.000-Rp 18.000 ini dijual secara eceran di Sumbawa dengan harga Rp 23.000 – Rp25.000 per tabung.

“Atas perbuatannya, pelaku terancam dijerat Pasal 55 dan Pasal 53 huruf b UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun bui dan denda maksimal Rp 60 juta”, papar Haris.

Rate this article!
author

Author: