Resminya Yuan Menjadi Mata Uang Dunia Diyakini Dapat Mendorong Stabilitas Ekonomi Global

yuan
China – Dewan Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) mengumumkan, mata uang China, Yuan (renminbi), telah memenuhi kriteria dan efektif menjadi mata uang internasional per 1 Oktober 2016. Keputusan tersebut merupakan hasil review mata uang lima tahunan yang dilakukan IMF.

Beberapa tahun terakhir, China memang telah mereformasi sistem kebijakan moneternya. Salah satunya dalam hal akses yang lebih baik bagi orang asing ke dalam pasar mata uang China.

Dilansir dari VIVA.co.id, Managing Director IMF, Christine Lagarde mengatakan, mengingat China adalah negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat, maka penetapan mata uang yuan sebagai mata uang internasional diyakini akan memicu pertumbuhan ekonomi China. Sehingga, nantinya dapat mendukung stabilitas ekonomi global.

Selain itu, Legarde juga meyakini bahwa masuknya yuan ke dalam mata uang dunia juga diyakini akan meningkatkan daya tarik SDR dengan mendiversifikasi keranjang mata uang dan membuatnya lebih mewakili mata uang.

Tags:
author

Author: