Ribuan Siswa SMA Kota Semarang Mulai UN Hari Ini

un

SEMARANG — Seluruh sekolah di Kota Semarang sudah mulai melaksanakan UN hari ini, termasuk yang ditunjuk melaksanakan UN berbasis komputer atau computer based test (CBT). Jumlah peserta UN 2015 jenjang SMA/ MA/ SMK/ SMALB di Kota Semarang tahun ini mencapai 22.876 siswa. Dengan perincian jumlah peserta UN SMA sebanyak 9.678 siswa, peserta MA sebanyak 1.770 siswa, SMK sebanyak 11.357 siswa, dan 71 siswa SMA LB.

Sementara khusus sekolah yang menggelar UN CBT langsung mendapatkan penanganan dari pusat, beserta penyediaan soalnya. Dari 10 sekolah yang diusulkan Dinas Pendidikan Kota Semarang untuk melaksanakan UN CBT, hanya ada satu sekolah, yakni SMK Texmaco Semarang. Dimana hal ini tidak termasuk dalam pendistribusian naskah soal UN ‘konvensional’.

Kepala Disdik Kota Semarang, Bunyamin mengungkapkan, pendistribusian naskah soal ujian nasional (UN) jejang SMA sederajat ke seluruh subrayon, tetap dilakukan di bawah pengawalan anggota kepolisian. Meski proses pengamanan pendistribusian naskah soal UN pada tahun ini tidak seketat pada pelaksanaan UN tahun sebelumnya, prosedur pelaksanaan pengamanannya tetap dilakukan maksimal.

Sementara itu, Ketua Pantia Penyelenggara UN Kota Semarang, Sutarto mengatakan proses pengamanan naskah soal- soal UN ini tetap dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

Sutarto mengatakan, saat ini seluruh naskah soal atau sebanyak 1.742 boks naskah soal UN SMA sederajat untuk Kota Semarang telah terdistribusi ke masing- masing sub rayon. Sedangkan untuk naskah soal Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C 2015 disimpan oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang.

Sutarto mengimbau, agar para siswa peserta UN tidak mempecayai isu- isu yang terkait dengan kebocoran soal UN atau beredarnya kunci jawaban soal- soal UN. Ia berharap agar para peserta UN mengerjakan ujian dengan kejujuran dan penuh optimisme.

Tags:
author

Author: