Ruang Terapi Oksigen Terbakar, Ini Cerita dari TNI AL

42 Dokter Tangani Tes Kesehatan Pasangan Capres

Jakarta~ Berdasarkan penjelasan Kadispenal Laksamana Pertama M Zainudin, peralatan terapi Oksigen Hiperbarik (OHB) di Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) RSAL Mintohardjo mendapat perawatan rutin. Ia juga menjelaskan jika alat tersebut berasal dari luar negeri.

“RSAL Mintohardjo juga terdapat ruang chamber dari Perancis dan Spanyol yang bisa menampung 18 sampai 22 orang banyaknya.Kalau ruang yang terbakar itu hanya menampung empat orang, kami juga punya ruang chamber terbaru dari Spanyol. Daya tampungnya lebih banyak,” jelasnya kepada awak media (15/3).

Pada kejadian yang menghebohkan tersebut, ia menerangkan jika dokter maupun petugas di lokasi kesulitan untuk mengevakuasi korban.

“Di lubang chamber sebenarnya ada kaca dan kelihatan aktivitas di dalamnya. Tapi tekanan oksigen murni membuat api cepat menyebar,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Pada hari Senin (14/3) kebakaran disertai ledakan terjadi di ruangan tabung Chamber Pulau Miangas, Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) RS TNI AL Mintohardjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Empat orang meninggal dunia dalam insiden tersebut.

Korban ialah mantan Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol (Purn) R Abubakar Nataprawira dan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo, Edi Suwardi Suryadiningrat dan Dimas Qadar Radityo.

Tags:
author

Author: