Sah! Irman Gusman Tak Lagi Pimpin DPD

cpns mpr ri

Jakarta~ Setelah ditangkap KPK, akhirnya  rapat pleno Badan Kehormatan DPD RI (19/9) memutuskan Irman Gusman resmi tak lagi menjabat sebagai Ketua DPD.

“Sudah diberhentikan dari pimpinan. Bukan dari anggota. Diketoknya oleh BK karena itu menyangkut etik,” sebut Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Farouk Muhammad di Kompleks Parlemen, Jakarta (20/9).

Ditambahkan oleh Ketua BK DPD, Andi Mappetahang Fatwa,  putusan BK DPD  terkait status Irman bersifat final dan mengikat.

“Jadi saya mohon betul. Untuk persoalan ini tidak ditunda-tunda. Karena kita menjaga marwah kehormatan lembaga kita, DPD RI. Kita akan digoreng terus oleh media jika kita tidak mengambil keputusan yang jelas hari ini, yaitu memberhentikan Saudara Irman Gusman dari jabatan Ketua DPD RI,” sebut Fatwa seperti dikutip dari Kompas.

Rapat pleno Badan Kehormatan (DPD) dipimpin langsung oleh Ketua BK DPD AM Fatwa. Dalam kesempatan tersebut, secara  resmi ia menyatakan Irman Gusman diberhentikan dari jabatannya selaku Ketua DPD.

“Setelah melakukan proses dengar pendapat dengan ahli hukum tata negara dan Sekretaris Jenderal DPD, Saudara Irman Gusman diberhentikan dari jabatan Ketua DPD,” kata Fatwa malam tadi.

Rate this article!
Tags:
author

Author: