Sambutan KH Ma’ruf Amin Usai Terpilih jadi Ketua MUI ‘Baru’

mui

Surabaya~ Dini hari tadi (27/8) KH Ma’ruf Amin terpilih sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat masa khidmat 2015-2020. Dalam sambutannya dihadapan peserta Munas MUI ke-9, sosok yang dikenal sebagai salah satu tokoh ormas Nahdlatul Ulama ini mengungkapkan rasa syukurnya atas munas yang berjalan lancar.

“Saya bersyukur munas ini berjalan dengan baik dan dalam penyusunan kepengurusan dapat diselesaikan tanpa riak-riak dan gelombang yang menimbulkan konflik diantara kita semua,” sebut beliau.

Menurunya, suasana tersebut dapat dirasakan karena ada rasa cinta dan kasih sayang.

“Suasana ini bisa dicapai karena saling pengertian, adanya rasa cinta dan kasih sayang. Kami dari pengurus baru mengucapkan terima kasih, karena bapak ibu peserta munas yang mempercayakan kami menjadi pengurus periode  2015-2020, melalui tim formatur yang dipimpin ketua umum MUI periode 2010-2015,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, KH Ma’ruf Amin juga mengakui jika ada tiga puluh orang yang akan duduk sebagai pengurus harian pada perode lima tahun mendatang.

“Ini dimaksudkan bisa merepresentasikan berbagai kelompok. Dan insyaAllah menurut ijtihad kami, seluruhnya sudah tertampung. Kami hanya bertekad untuk melaksanakan tugas-tugas yang tadi berkasnya sudah disampaikan formatur. Mudah-mudahan bisa dilaksanakan dengan baik,” sambung sosok yang juga menjabat sebagai Rosi Aam Nahdlatul Ulama itu.

Pengurus MUI lima tahun mendatang juga diharapkannya akan berkerja dengan sungguh-sungguh seperti konsolidasi MUI dari pusat sampai ke daerah-daerah. Pasalnya, ia ingin tidak ada satu pun MUI daerah yang tidak hidup.

“Supaya kami bisa melaksanakan tanggungjawab kenegaraan maupun keumatan. Dapat mengawal dari gangguan radikalisme agama maupun sekuler. Dapat mengawal dari ekstrimisme baik kanan atau kiri. Dapat mengawal negara ini dari sparatisme maupun terorisme,” lanjutnya.

Sumber: detik.com

Tags:
author

Author: