Satu Pilot Tewas Dalam Insiden Meledaknya Pesawat SpaceShipTwo

jem

California – Uji coba bahan bakar untuk purwarupa pesawat luar angkasa milik konglomerat eksentrik Richard Branson berakhir dengan bencana. Pesawat luar angkasa Virgin Galactic yang diberi nama Spaceship Two tersebut meledak di ketinggian 45.000 kaki di atas gurun Mojave, California pada Jumat (31/10/2014).

Menurut patroli jalan raya California satu korban tewas karena gagal mengeluarkan diri dari pesawat. Sedangkan yang satu lagi selamat, karena berhasil mengeluarkan diri dari pesawat sebelum pesawat jatuh. Akan tetapi ia mengalami cedera berat, dan kondisinya saat ini kritis.

Pesawat SpaceShipTwo yang diterbangkan dua pilot biasanya tinggal landas dari pesawat induk yang membawanya ke ketinggian tertentu untuk terbang ke luar angkasa.

Dalam keterangan resminya, Virgin Galactic mengatakan, pesawat SpaceShipTwo yang menjalani ujicoba dengan mesin roket mengalami anomali saat penerbangan. Saat itu, pesawat Spaceship Two melepaskan diri dari pesawat pengangkut WhiteKnightTwo. Meskipun Spaceship meledak, pesawat induk WhiteKnight Two berhasil mendarat dengan selamat setelah insiden tersebut.

Sebelumnya, pesawat seharga US$ 500 juta tersebut tengah melakukan uji coba bahan bakar sejenis plastik. Padahal pesawat tersebut sebelumnya menggunakan bahan bakar berbahan dasar karet dan uji cobanya berjalan aman.

Setelah mendapat kabar insiden kecelakaan tersebut, Pendiri Grup Virgin, Richard Branson, langsung terbang menuju ke lokasi. Dia juga mengatakan, bahwa program wisata luar angkasanya akan tetap berjalan sesuai rencana yang dijadwalkan.

Virgin menargetkan, untuk program wisata luar angkasa ini bisa berjalan di tahun 2015 mendatang. Sampai saat ini Virgin sudah mendapat 700 pesanan dengan harga per kursinya sekita US$250.000. Diantara beberapa bintang Hollywood juga sudah mendaftar untuk program wisata luar angkasa ini, seperti Leonardo DiCaprio, Lady Gaga, Justin Bieber dan Katy Perry.

Tags:
author

Author: