Segubal dan Seruit, Makanan Khas Pesawaran

pesawaran 

Lampung~ Kabupaten Pesawaran merupakan salah satu wilayah di Provinsi Lampung. Di kabupaten ini ada dua makanan khas bernama segubal dan seruit. Segumpal terbuat dari beras ketan yang dibuat dengan waktu enam sampai dengan sepuluh jam.

Proses pembuatannya diawali dengan menanak beras ketan hingga matang. Selagi masih panas ketan dibentuk bundar-bundar (berbentuk lingkaran melengkung). Kemudian, ketan yang telah berbentuk bundar disusun di atas daun pisang serta dibungkus menggunakan daun pisang pula. Setelah diikat, gulungan-gulungan segubal tersebut kemudian dikukus (terkadang direbus atau dibakar).

Para pecinta kuliner banyak yang menikmati segubal dengan memakannya secara langsung. Namun, katanya makanan khas ini lebih nikmat disantap dengan gulai ayam, rendang daging, opor ayam, kari, atau tapai. Makanan ini juga dapat dinikmati dengan sambal gorang ati, petai, atau jengkol. Ada beberapa tempat yang menyajikan segubal dengan fla.

Salah satu rumah makan cukup terkenal yang menawarkan menu sagumbal di Kabupaten Pesawaran berada di Desa Sukamarga (Kecamatan Gedung Tataan). Nama tempat makan itu adalah Anjung Mios.

Di tempat makan ini juga ada seruit. Hidangan ini adalah ikan yang digoreng atau dibakar kemudian dicampur dengan sambal terasi, tempoyak (olahan durian ataupun mangga), terung, dan lalapan. Ikan yang digunakan sebagai bahan utama biasanya ikan nila, gurame, lele, dan gabus.

Tertarik mencobanya?

Tags:
author

Author: