Seimbangkah Tumbuh Kembang Anak Anda?

anak

Pewartaekbis~ Baik tidaknya perkembangan (development) seorang anaka erat kaitannya dengan tambahnya kemampuan (skill) organ atau individunya. Hal ini sebagaimana sehat tidaknya seseorang yang dilihat dari pertumbuhan (growth) tubuhnya.

Pada proses tumbuh kembanga anak, menurut dr setiati dalam bukunya’mengenal penyakit balita’, proses tumbuh kembang anak erata kaitanya dengan faktor genetik, lingkunganbio-fisiko-psiko-sosial, dan faktor perilaku. Dimana keempat faktor tersebut saling berkaitan.

Periode penting dalam tumbuh kembang anak terjadi pada masa balita. Hal ini dikarenakan pada masa ini pertumbuhna dasarnya juga turut mempengaruhi dan menentukan p[erkembangan anak kedepannya.

Dimasa inilah kemampuan bahasa, kreativitas, kesadaran sosial, emosinal, intelegensianya berjalan sangat cepat dan akan menjadi lanjasan awal dalam perkembangan sang anak selanjutnya.

Adapun beberapa tingkat pencapaian yang dikatakan normal bagi anak sesuai usianya yakni apabila, di usia 4-6 minggu ia dapat tersenyum spontan, dan memulai bersuara di uasia 1-2 minggu. Selanjutnya, diusia 12-16 minggu anak mampu menegakkan kepala, tengkurap sendiri, menoleh kearah datangnya suara, dan mampu menggenggam benda yang ditangannya.

Sementara perkembangan umum anak diusia 20 minggu, yakni mampu meraih benda yang jauh darinya dan didekatkan kearahnya. Diusianya yang ke 26 minggu anak akan memiliki kemampuan memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lainya, dan Ia juga mulai bisa duduk dengan bantuan kedua tangannya kedepan.

Kemudian diusianya yang ke 9-10 bulan, anak umumnya bisa menunjuk dengan jari, memegang benda dengan ibu jari dan telunjuk, dan mulai berbicara aa…, uuu…. Di usia 13-15 bulan ia akan mampu berjalan tanpa bantuan, mampu mengucapkan kata-kata tuggal, memasukkan mainan kedalam wadah, bermain bersama temannya, minum dari gelas dan mulai senang menulis corat-coret.

Rate this article!
Tags:
author

Author: