Sekarang! AS yang Yakinkan Negara Lain Soal Nuklir Iran

(ilustrasi)

(ilustrasi)

Pewartaekbis~ Perjalanan ke Timur Tengah kembali dilakukan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry. Namun, tujuan dari perjalanan dinas ini tak seperti sebelum-sebelumnya. Kali ini, John Kerry mendapat tugas untuk meyakinkan negara-negara sekutu Amerika bahwa kesepakatan nuklir Iran justru akan membuat mereka lebih aman.

Seperti diwartakan AFP (3/8), Kerry sudah berjumpa denan mantan Duta Besar Mesir untuk AS Sameh Shoukry. Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan antara kedua negara yang sempat bermasalah dengan berbagai dukungan dan janji.

Menghadapi berbagai kecurigaan tentang Iran, Kerry pun meyakinkan Mesir dan negara reginal lain jika Iran tidak akan mendestabilisasi mereka.

“Tidak perlu ada yang ditanyakan lagi bahwa jika rencana Wina sepenuhnya dilaksanakan, hal itu akan membuat Mesir dan semua negara di kawasan ini lebih aman,” jelas   Kerry seperti dilansir dari detik.com.

Sebelumnya, diwartakan jika hubungan diplomatik antara AS dan Mesir sempat merenggang. Penyebabnya, Kepala Militer Sisi menggulingkan Presiden Islamis Muhammad Mursi pada tahun 2013. Ketika itu, ada lebih dari 1.000 pendukung Morsi tewas dalam tindakan tersebut.

Tags:
author

Author: