Selamat Hari Ayah Nasional, Ucapan Google Doodle Hari ini

Selamat Hari Ayah Nasional Indonesia

Selamat Hari Ayah Nasional Indonesia

Pewartaekbis — Hari Rabu, tanggal 12 November ini diperingati Indonesia sebagai hari Ayah Nasional. Memang hari ini kurang sepopuler hari Ibu. Namun Google Doodle mengingatkannya pada kita semua melalui laman mesin pencarinya.

Sebenarnya, di dunia sendiri hari ayah sudah lama diperingati, yaitu sejak awal abad XII. Hanay saja perayaan Hari Ayah di berbagai negara dilakukan pada tanggal berbeda. Ambil contoh Amerika Serikat, Jerman, Italia, sampai  Hongkong merayakan Hari Ayah (Father’s Day) pada hari Minggu pekan ketiga bulan Juni. Biasanya Hari Ayah ini dirayakan seperti Hari Ibu internasional, dengan hadiah kepada ayah atau kegiatan kekeluargaan. Setidaknya masih ada 75 negara lain yang turut merayakannya.

Di sejumlah negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-laki Internasional atau International Men’s Day  diperingati setiap bulan 19 November. Khusus di Indonesia, peringatan Hari Ayah Nasional baru dimulai pada 12 November 2006 lalu yang dimotori oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP), komunitas komunikasi lintas agama.

PPIP  mendeklarasikan  Hari Ayah pertama kali di Pendapa Gede Balaikota Solo, Jawa Tengah. PPIP berangkat dari fakta bahwa ayah sebagai bagian dari keluarga memegang peran sangat penting dalam pembentukan karakter keluarga. PPIP juga  mendeklarasikan Hari Ayah di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur pada tanggal dan jam yang sama pada tahun 2006 silam.

Hari Ayah Nasional digambarkan oleh Google dengan  doodle istimewa yaitu ayah yang bermain kereta luncur bersayap dengan putra-putrinya. Apakah Anda sudah menyiapkan hadish spesial atau ucapan terima kasih untuk Ayah di hari ini?

Tags:
author

Author: