Senegal Pesan Beberapa Pesawat Buatan PT Dirgantara Indonesia

cn-235

Senegal – Kabar menggembirakan datang dari industri pesawat terbang dalam negeri. Pasalnya, belum lama ini Senegal membeli pesawat versi militer CN-235 220M Multi Purpose produksi PT Dirgantara Indonesia (PT DI). Pesawat dimaksud saat ini sudah ada di Pusat Airforce Senegal, Dakar.

“Ini pesawat kedua pesanan pemerintah Senegal untuk kepentingan militer multi fungsi, yaitu troop transport (angkut pasukan, red), medivac dan VIP,” sebut Dubes RI Dakar Mansyur Pangeran (8/1).

Rajawali besi itu tiba di Dakar tepat pukul 14.15 waktu setempat, setelah menempuh jarak 16.000 km dengan 15 awak yang terdiri dari 3 pilot WNI, 1 pilot WN Senegal, 1 flight test engineer dan 10 mekanik. Adapun upacara serah terima akan dilakukan pada 23 Januari 2017.

Pendaratan pesawat disambut langsung oleh Dubes Mansyur Pangeran dan staf KSAU Senegal Jenderal Birame Diop beserta jajarannya, Regional Manager AD Trade Belgium Pierre Baudechon, dan perwakilan dari PT DI serta Indonesian Military Airworthiness Authority (IMAA).

Dalam sambutannya, KSAU Senegal Jenderal Birame Diop mengungkapkan sangat gembira dengan datangnya pesawat CN-235. Pasalnya, mereka sudah cukup lama menunggu pesawat ini untuk memperkukuh skuadronnya. Ia juga menyampaikan kesan baiknya selama kunjungannya ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Sebagaimana diwartakan detik.com, pesawat CN-235 seri 220M yang diterbangkan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung (27/12/2016) itu mengambil rute ferry flight: Medan, Colombo (Sri Lanka), Maladewa, Karachi (Pakistan), Riyadh (Arab Saudi), Khartoum (Sudan), Ndjamena (Chad), Ouagadougou (Burkina Faso), dan Dakar (Senegal).

Tags:
author

Author: