Setelah Ford Pergi, Produsen Mobil Asal China ‘Serang’ Indonesia

penjualan-mobil-2014

Pewartaekbis~ Setelah hengkangnya Ford Motor Indonesia (FMI), anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) otomatis akan berkurang. Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, menyebutkan keluarnya Ford dari Indonesia adalah kejutan bagi Gaikindo.

“Ada 39 anggota Gaikindo, sekarang jadi 38 anggota. Kurang satu karena kemarin kan ada kejutan (keluarnya Ford). Semester kedua (Ford) benar-benar full out dari Indonesia, tapi ada yang masuk. Kalian tahu lah siapa,” jelas Jongkie.

Anggota yang akan menggantikan posisi Ford disebut-sebut produsen mobil China, SAIC-GM-Wuling. Wuling bahkan dikabarkan menyiapkan dana investasi 700 juta dolar untuk membangun pabrik perakitan mobil di tanah air.

Bahkan, ada kabar yang menyebutkan jika Wuling sudah siap membangun pabrik di Bekasi, Jawa barat dengan nilai investasi mencapai Rp 11 triliun. Pabrik dengan memproduksi 150 ribu unit mobil per tahun dimaksud konon akan beroperasi pada Juli 2017.

“Kita sih setiap merek yang masuk ke Indonesia kita sambut dengan baik. Misal GM Wuling masuk ya kita happy. Kita senang merek apapun masuk ke Indonesia,” lanjutnya seperti diwartakan detik.com.

Tags:
author

Author: