Setelah Parkir, Penataan Kawasan Mallioboro Masih Berlanjut

mallioboro

Jogja~ Setelah kawasan parker Mallioboro ditata ulang, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta masih akan menata kawasan wisata ini. Khususnya di sisi timur Malioboro. Penataan yang diawali bulan April ini dimulai dengan penggantian trotoar yang sudah rusak.

Diterangkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan ESDM DIY, Rani Syamsinars,  pemerintah sudah menyiapkan dana sebesar Rp 24 miliar. Pembenahannya ditargetkan selesai pada akhir tahun 2016.

“Dana itu sudah termasuk pembaruan trotoar dan street furniture, kita ingin Malioboro ini terlihat cantik setelah tidak ada parkiran,” sebutnya pada wartawan ¬†(5/4).

Proyek ini akan dimulai dari utara ke selatan, dengan mengganti  trotoar yang sudah lama dan pemasangan guiding untuk disabilitas.

“Kita lihat sekarang memang lenggang, tapi kalau lihat trotoarnya itu sudah kusam, rusak, nggak enak dipandang, ini akan kita ganti supaya lebih nyaman, bulan ini mulai dikerjakan,” lanjutnya.

Selanjutnya, akan dipasang street furnitur di sepanjang Malioboro. Dengan demikian, kedepan pengunjung bisa bersantai menikmati di Malioboro. Pasalnya, pedagang kaki lima yang menjadi ikon destinasi wisata ini pun akan ditata kembali.

“Furniturnya ada tiga jenis, ada Kayu dengan sandaran, ada yang batu, dan kayu tidak ada sandaran. Kita harapkan ini menumbuhkan budaya baik, jangan dikotori. PKL juga sudah kita desainkan gerobak yang enak, PKL akan tetap ada, karena itu adalah kekhasan Malioboro,” tandas Rani seperti diwartakan merdeka.com.

Tags:
author

Author: