Si Kecil Demam? Jangan Panik, Ini yang Perlu Dilakukan

baby

Pewartaekbis- Demam merupakan suatu mekanisme yang terjadi di dalam tubuh dalam mengatasi infeksi. Selama tidak menimbulkan dehidrasi, kesadaran menurun ataupun kejang demam tidak berbahaya.

Demam bisa juga sebagai tanda pertahananan tubuh yang terjadi dikarenakan adanya benda asing dalam sistem tubuh, seperti demam pada anak setelah imunisasi . Kodisi demam tersebut, tidak memerlukan penanganan medis. Namun, tetap saja tidak sedikit dari orang tua yang panik dan bingung, saat si kecil demam. Beberapa hal yang harus dilakukan saat anak demam, yaitu:

1. Segera cari tahu penyebab demamnya, dan jangan panik terlalu berlebihan. Salah satu cirri demam yang disebabkan karena infeksi virus, anak tampak lesu dan tidak mempunyai gairah untuk bermain. Infeksi virus ditandai dengan batuk, pilek atau diare tanpa darah.

2. Apabila penyebab demam adalah infeksi virus, anda dapat memberikan pertolongan pertama dengan cara mengompres menggunakan air hangat atau menggunakan plaster kompres. Hindari menggunakan alkohol atau air dingin, karena Alkohol berbahaya jika uapnya terhirup oleh bayi.

3. Selalu Periksa suhu tubuh. Suhu normal pada anak berkisar antara 36-37 derajat celcius. Jadi, apabila anak anda suhu tubuhnya yang lebih dari 37 derajat maka dapat diberikan terapi ringan terlebih dahulu, dengan banyak minum air putih sehingga anak tidak kekurangan cairan.

4. Berikan obat penurun demam khusus anak sesuai dengan usia. Hal yang perlu diingat saat memberi obat sebaiknya baca terlebih dahulu petunjuk dokter agar tidak mengalami resiko gangguan fungsi hati, karena dosis yang tidak tepat.

5. Untuk bayi usia dibawah 3 bulan, apabila mengalami demam dan suhu tubuhnya lebih dari 37,5 derajat celcius, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tags:
author

Author: