Siapkah Brimob Bali Mengamankan Terpidana Mati ‘Bali Nine’ ?

brimob

Bali~ Aparat kepolisian nampaknya menganggap pengamanan pelaksanaan hukuman mati terpidana mati asal Australia sebagai sesuatu yang harus diperhatikan ekstra. Hari ini (27/2) prajurit Brimob Kepolisian Daerah Bali bahkan melakukan persiapan khusus untuk mengamankan turis yang juga berpropesi sebagai gembong narkoba ‘bali nine’.

Persiapan diamaksud ialah pelaksanaan simulasi pengamanan untuk memindahkan Myuran Sukumaran dan Andrew Chan dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kerobokan menuju Bandara Ngurah Rai. Pasalnya, dua terpidana ini dipastikan akan segera dipindahkan ke Nusakambangan.

 “Kami sudah siap setiap saat. Kami siap bergerak untuk tugas pengamanan,” papar Kepala Satuan Brimob Polda Bali, Komisaris Besar Rudy Harianto, seperti diwartakan Solo Pos.

Berdasarkan keterangan Komisaris Besar Rudy Harianto, pihaknya telah menyiagakan dua puluh personel untuk mengamankan terpidana mati yang masih ramai diperbincangkan ini. Jumlah personel tersebut nantinya akan dibagi dalam dua regu. Peralatan ‘perang’ Brimob seperti empat kendaraan taktis baracuda dan worlf juga diikutsertakan dalam pengamanan ini.

Aparat dari Brimob tak sendiri dalam melaksanakan tugas ini. Pengamanan juga akan dilakukan oleh satuan polisi yang lain. Satuan dimaksud antara lain Satuan Pengendalian Massa Kepolisian Resor Badung, satu kompi pasukan Huru- Hara, Kepolisian Resor Kota Denpasar, dan Sabhara Polda Bali.

Meski pengamanan dua narapidana tersebut merupakan fokus utama, Komisaris Besar Rudy Harianto juga menyatakan jika keamanan ekstra juga disiapkan sepanjang jalur pemindahan dari Lapas Kerobokan menuju Bandar Udara Internasional Ngurah Rai. Sayang, Komisaris Besar Rudy Harianto enggan menjelaskan waktu pemindahan dua terpidana mati yang membuat hubungan Australia-Indonesia sedikit memanas itu.

Tags:
author

Author: