Siswa Madrasah Bisa Kuliah ‘Gratis’ di Shizuoka University, Jepang

santri

Jakarta~ Anda lulusan madrasah dan memiliki cita-cita untuk melanjutkan studi di luar negeri? Beruntunglah karena ada satu lagi peluang beasiswa yang tengah digarap Kemenag. Beasiswa dimaksud merupakan hasil kerjasama Direktorat Pendidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI dengan Shizuoka University, Jepang.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan di Shizuoka University hari rabu (17/2). Perwakilan Kemenag yang hadir antara lin Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan, Kabag Perencanaan Pendis Kastolan, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY Noor Hamid, dan Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kalimantan Timur Ity Rukiyah.

Djelaskan oleh M. Nur Kholis Setiawan, pihak Shizuoka University telah menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama dengan Kementerian Agama dalam memberikan beasiswa studi S1 di Shizuoka University. Dijelaskan lebih lanjut, beasiswai ini merupakan beasiswa jalur khusus melalui Asia Bridge Program.

“Pola yang kita gunakan adalah Kemenag akan menanggung biaya hidup mahasiswa/i alumni madrasah di Jepang dan Shizuoka University akan menanggung biaya kuliah (tuition fee) selama studi S1 melalui dana sponsor dari perusahaan-perusahaan seperti Suzuku, Honda, Yamaha Motor, dan Yamaha Musik,” ungkap M. Nur Kholis Setiawan di Jakarta (18/2).

Ia juga menerangkan bila siswa Madrasah Aliyah kelas 11 yang berminat sudah bisa mendaftar secara online di Asia Bridge Program (ABP) Shizuoka. Selanjutnyam akan dilakukan penyeleksian pihak ABP Shizuoka.

“Siswa yang lolos seleksi dan diterima, akan mendapat beasiswa dari Kemenag dan Shizuoka,” lanjutnya.

Tidak hanya bersekolah di negera Jepang, mereka yang lulus tes juga akan ditawari pekerjaan di Jepang setelah lulus.

“Bagi yang mau, Shizuoka juga akan menempatkan mereka setelah lulus kuliah di perusahaan Jepang, baik yang ada di Jepang, Indonesia, atau negara lainnya.” Terangnya seperti diwartakan laman resmi Kemenag.

Tags:
author

Author: