Siswi SMK NU Kudus Pamerkan Busana di Hongkong

smk-kudus

Kudus~ Di era kepemimpinan Presiden Jokowi, Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK memang mendapat perhatian khusus. Hal itu sangat mungkin menjadi pendorong bagi SMK di berbagai daerah untuk menunjukkan prestasinya.

Salahs atu SMK yang baru-baru ini emnjadi perbincangan di kancah internasional ialah SMK NU Banat, Kudus, Jawa Tengah. Bukan tanpa alasan empat siswinya sukses menampilkan karya apik dalam gelaran Asia’s Fashion Spotlight di Hongkong beberapa waktu lalu.

Keempat siswi itu adalah Risa Maharani, Nafida Royyana, Nia Faradiska, serta Rania. Denganpercaya diri, mereka menampilkan desain busana terbaiknya di hadapan para pelaku dan ikon industri fashion asal Asia, Eropa, dan Amerika Serikat di panggung utama fashion show bertaraf internasional tersebut.

Dengan brand Zelmira, keempat siswi mereka membawakan tema “Revive”. Busana yang mereka  tampilkan menggunakan gaya urban modest wear yang dipadukan dengan penggunaan kain batik serta bordir khas Indonesia.

“Rasanya masih tidak percaya bisa membawa identitas Indonesia ke panggung utama seperti ini. Di sini kami makin banyak belajar bahwa menjadi desainer itu tidak bisa hanya mengandalkan kreativitas, tetapi juga perlu kemampuan mengembangkan bisnis,” kisah Risa.

Seperti diwartakan laman resmi Nahdlatul Ulama, Asia’s Fashion Spotlight Hongkong 2016 adalah pertunjukan mode dan penjualan produk mode yang diikuti sekitar 200 merek mode, termasuk dari Indonesia. Oleh karena itu, tak heran jika penampilan SMK NU di ajang tersebut melahirkan banyak pujian.

“Jangan hanya berhenti pada desain, tapi harus berimbang dengan segi bisnisnya. Harus bisa dipasarkan dan dipakai di Hongkong juga,” sebut Konsulat Jenderal RI untuk Hongkong Tri Tharyat.

Tags:
author

Author: