Soal Palestina, Mungkinkah Presiden Jokowi Melajutkan Mimpi Presiden Soekarno

(sumber: www.time.com)

(sumber: www.time.com)

Pewartaekbis~ Republik Indonesia sejak zaman kemerdekaan dikenal sebagai salah satu negara yang gigih memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Dengan berani, pada tahun 1995 Presiden Soekarno bahkan menyatakan jika kolonialisme merupakan sesuatu yang sangat jahat sehingga harus diberantas. Pernyataan tersebut dilontarkannya di tengah Konferensi Asia Afrika (KAA).

Setelah enam puluh tahun berlalu dan KAA kembali diadakan di Indonesia, semangat memperjuangkan kemerdekaan Palestina ruoanya masih melekat di republik yang kini dipimpin oleh Presiden Jokowi ini. Bahkan, beberapa media menyebutkan jika Amerika Serikat sempat terkejut ketika Presiden Jokowi berencana mendukung penuh kemerdekaan Palestina.

“Awal bulan Maret lalu, saya berkunjung ke Gedung Putih, Kantor Kepresidenan Amerika Serikat. Di sana, saya bertemu dengan Kepala Pusat Keamanan Amerika Susan Rice. Kepada beliau, saya nyatakan bahwa Indonesia punya sikap ingin melihat Palestina merdeka,” tutur Kepala Staf Presiden Luhut Binsar Pandjaitan seperti diwartakan Merdeka.

Saat itu, menurut Luhut, saat itu Kepala Pusat Keamanan Amerika Susan Rice sangat terkejut dengan sikap tegas Presiden Jokowi.

“Reaksi Susan Rice saat itu terkejut karena Amerika tidak mengakui adanya Palestina. Tapi saya katakan bahwa itulah sikap dari Presiden Joko Widodo untuk Palestina. “Supaya anda tidak kaget, kami akan mendukung Palestina menjadi anggota PBB dan ingin membuka Kedutaan di Ramallah, kata saya waktu itu,” lanjut Luhut.

Tags:
author

Author: