Sudirman Said dapat Pujian dari Penggantinya

sudirman said

Jakarta~ Archandra Tahar didaulat Presiden Joko Widodo menempati posisi strategis, Menteri ESDM. Saat serah terima jabatan, Archandra memuji mantan Menteri ESDM, Sudirman Said.

 “Izinkan saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk membangun dan memimpin sektor energi. Selama hampir dua tahun (di bawah Sudirman), beberapa lorong yang dulunya gelap sekarang sudah dapat kita lihat dengan jelas. Untuk itu, mari kita lanjutkan,” sebut Archandra di kantor Kementerian ESDM, di Jakarta (27/7).

Sudirman dipandangnya sudah membuahkan sejumlah capaian di sektor energi, salah satunya pemberantasan mafia minyak dan gas bumi (migas) dengan membentuk Tim Reformasi dan Tata Kelola Migas (RTKM) di bawah Faisal Basri.

Di bawah pimpinan Sudirman, Kementerian ESDM meluncurkan Program Indonesia Terang (PIT). Program ini merupakan upaya percepatan elektrifikasi di seluruh pelosok negeri.

Menurut Archandra, ia tiba-tiba saja dipanggil Presiden Jokowi usai menetap lebih dari 20 tahun di Amerika Serikat.

“Kalau ditanya visi dan misi saya, Presiden sudah menyampaikan tidak ada visi dan misi menteri. Yang ada adalah visi dan misi Presiden,” sambungnya.

Meski demikian, sektor energi ke depan menurutnya harus lebih baik dengan berbagai upaya transformasi sektoral.

“Transformasi ESDM di berbagai sektor ini ada tiga pilar utamanya. Pertama, proses bisnis yang transparan dan terukur. Kedua, sumber daya manusia yang kompeten dan berpengalaman. Ketiga, teknologi tepat sasaran yang bisa mempercepat bisnis,” tambahnya seperti diwartakan Kompas.

Tags:
author

Author: