Suporternya Rusuh, Tiga Sanksi Superberat Diberikan Kepada Persija

bola

Jakarta~ Setelah aksi brutal yang dilakukan Jakmania, skuad Persija Jakarta seperti dihujani sanksi oleh Komisi Disiplin (Komdis) Indonesian Soccer Championship (ISC). Sanksi yang ditetapkan pada hari Rabu (29/6) tersebut merupakan imbas langsung dari kerusuhan yang terjadi antara Jakmania dan aparat kemanan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (24/6).

Ada tiga hukuman yang diberikan ISC kepada skuad yang memiliki seragam orange ini. Sala satunya adalah Jakmania dilarang menonton laga Persija selama enam bulan. Jika tetap ingin menonton tim kesayangannya beraksi, Jakmania harus rela melepas seluruh atributnya sebelum memasuki stadion. Selain itu, mereka dilarang menyanyikan yel-yel dukungan untuk Persija di stadion.

“Kita mengetahui bahwa fans bagian bahkan pemilik klub itu sendiri, namun kita ingin ada penegakan hukum yang positif bagi kita semua,” sebut CEO PT Gelora Trisula Semesta, Joko Driyono (29/6).

Joko berharap, hukuman yang diberikan kepada Persija dan suporternya ini dapat menimbulkan efek jera sehingga aksi anarkis tak lagi terjadi di Indonesia.

“Kami berharap ini yang terakhir. Mudah-mudahan enam bulan ke depan akan kita petik hasilnya di masa-masa setelah sanksi selesai,” harapnya.

Komdis ISC juga menetap menetapkan Persija kalah dengan skor 3-0 dari Sriwijaya meski pertandingan dihentikan pada menit ke-81. Sanksi lainnya, Persija diwajibkan membayar denda sebesar Rp150 juta sebagai tanggung jawab atas kericuhan yang terjadi dan penggunaan cerawat dan bom asap.

“Denda kaitannya dengan pertandingan yang kemarin Rp 100juta, denda kerusuhan Rp 50juta. Jadi akumulasinya Rp 150juta. Persija ada hak untuk banding,” pungkasnya seperti diwartakan CNN Indonesia.

Tags:
author

Author: